seberapa besar cintamu pada Allah ?

Sabtu, Juli 18, 2009

Serunya Nggak Sekedar Ngampus!

Serunya Nggak Sekedar Ngampus!
Fren coba pahami kasus-kasus di bawah ini,

Kasus 1: Andi mahasiswa yang selalu dapetin IP diatas 3,5. Si Study Oriented selama masa kuliahnya ia jarang bergaul dengan mahasiswa lain dan cenderung pendiam. Sampai akhirnya dia meraih gelar sarjana setelah menempuh kuliah selama 3,5 tahun. Karena dia emang grogian dan tidak mempunyai ke-PDan akhirnya walaupun ber-IPK 3,7 belum juga ia mendapat pekerjaan, setelah kesana kemari nyari pekerjaan.

Kasus 2 : Anwar mahasiswa biasa ber-IPK 2,96 pas. Dia seorang aktivis kampus yang mempunyai seabreg kegiatan organisasi, dan mulai magang 2 berentropreunir semenjak tingkat 2. Alhasil dengan berbagai pengalaman yang nggak didapetin di bangku kuliah, misalnya berkomunikasi efektif, berdiplomasi, dsb. Setelah ia lulus di tahun 4,3 ia kerja dapat mengembangkan usahanya sekaligus langsung ditarik untuk bekerja karena skill life nya (skill life= kemampuan atau keahlian dalam kehidupan)

Hmm…What you think fren ?
Banyak kasus 1 dan 2 sering terjadi, bukan menjadi rahasia lagi kalo ternyata banyak orang yang berijazah Strata 1 nganggur. Kita dapat melihat perbedaan mencolok antara sosok Andi dan Anwar, walaupun secara parameter akademik Andi jauh diatas Anwar, tapi akhirnya dari nasib ijazah S1 mereka berbeda.
Para ahli menggungkapkan bahwa IQ (Intelectual Quotion) kita hanya menyumbang 20 % dari keberhasilan kita. Sedangkan EQ dan SQ menyumbang 80% nya. Wow...yupz! So, karna pada saat kita terjun ke dunia kerja nanti tak hanya ilmu akademik yang kita harus kuasai tapi juga skill life yang tak kita jumpai di bangku perkuliahan. So, dimana kita dapat temukan skill life? “Universitas Kehidupan” jawabannya.

Temen-temen, tanpa kita sadari sebenarnya kita juga tercatat sebagai mahasiswa universitas kehidupan dan setiap orang dapat menjadi dosennya, asal kita mau mengambil hal-hal yang positif dari momen.
Remember, keseharian kamu jangan cuma 3K : kost, kuliah dan kantin. Karena kita juga butuh skill life yang nggak kamu dapetin bila kamu hanya sekedar ngampus doang, nggak cuma ngebuka mata dan telinga kamu, kamu juga dapat mengenal lebih jauh orang-orang disekeliling kamu, bisa memahami karakter orang yang beda-beda plus caranya menyelesaikan konflik-konflik kecil dalam hidup kita.
Kamu bisa nemuin semuanya jika kamu nggak sekedar ngampus, lalu kamu menjalani hubungan dengan orang lain untuk ngelatih skill life kamu lewat organisasi or keaktifan kamu di kampus.
And nggak kalah pentingnya, kita juga karus tahu tujuan kita aktif di kampus, nggak sekedar aktif!! tapi lebih dari itu, kita harus bisa menemukan visi misi hakikat kehidupan kita, sehingga kita tak terjebak dalam rutinitas kampus yang nggak jelas juntrungannya.

So, manfaatkan hidup kita dengan sebaik mungkin and nggak sekedar ngampuss!
Bahlul dan Seorang Pejabat
Suatu hari, seorang pejabat istana berkata pada Bahlul, “Khalifah telah mengangkatmu menjadi amir dan pimpinan para anjing, ayam dan babi!”.
Bahlul menjawab, “ Maka mulailah sekarang, jangan melanggar perintahku, karena kau telah menjadi bawahanku!”

Semua pejabat itu tertawa. Dan pejabat itupun merasa malu dengan jawaban Bahlul tersebut.
Abdulah bin Mubarok
Beliau adalah seorang ahli hadits yang terpercaya, termasuk golongan Fuqoha (ahli fikih)yang mulia.

Beliau mempunyai harta yang banyak diinfakkannya kepada ahli ilmu di semua ibu kota-ibu kota Islam. Beliau memiliki perasaan keimanan yang sangat bagus. Dan tidak hanya itu, beliau juga seorang mujahid, berperang tiap tahun melawan negara Rum (Romawi). Beliau menjadikan kota Torsus sebagai tempat tinggal, yaitu berada disebelah selatan Turki sekarang, sehingga dengan sifat-sifat seperti ini, beliau menjadi pelopor para ahli hadits pada generasinya.
Beliau mengingkarinya teman nya yang zuhud, ahli ibadah dan terpercaya, yaitu Al Fudhail bin ‘Iyadh atas pengasingan dirinya di Mekkah dan meninggalkan jihad. Al Fudhail adalah termasuk diantara para ahli ibadah, para zuhud yang terkenal dalam sejarah Islam, dan memiliki perkataan yang paling bagus, akan tetapi Ibnu Mubarok tidak melihat hal-hal tersebut cukup dijadkan alasan untuk meninggalkan jihad dan memerangi musuh, sehingga beliau menganggap jelek perkataannya, sambil beliau mensifatinya bahwa dia hanya bermain-main dengan ibadahnya itu. Untuk itu, beliau mengirimkan kepadanya dari Torsus setelah peperangan demi peperangan berlalu dan debunya masih lengket dengan badan, beberapa bait syair yang sangat indah yang selalu menjadi hujjah bagi para aktivis dakwah setelah belia, beliau berkata,
Wahai ahli ibadah Haromain
Jikalau engkau melihat kami, niscaya akan tahu bahwa engkau hanya bermain-main dalam ibadah.
Barang siapa yang mencelup lehernya dengan air mata
Maka leher-leher kami terlumuri dengan darah
Atau siapa yang kudanya lelah dalam kebatlan
Maka kuda-kuda kami itu lebih pada hari peperangan
Engkau selalu mencium bau-bau harum
Sedang kami selalu mencium bau debu-debu yang berterbangan dari kaki-kaki kuda
Sungguh telah sampai pada kita dari sabda Nabi kita, perkataan yang shohihm benar, tak dusta
Tidakkah sama antara debu kuda Allah pada hidung seseorang dengan asap api yang menyala
Inilah kitab Allah terucap kepada kita. Tiadalah seorang syahid itu mai, itu tidak dusta.

Percikan
“ Wahai manusia, bulan yang mulia dan penuh berkah datang menaung kalian, suatu bulan yang didalamnya terdapat malam lebih baik dari pada seribu bulan. Bulan yang Allah menetapkan puasa didalamnya sebagai kewajiban dan qiyamulail sebagai kesunnahan. Barang siapa mendekatkan diri kepada Allah dengan satu perbuatan baik didalamnya, dia bagaikan melalukan satu kewajiban dibulan yang lain. Barang siapa melakukan satu kewajiban pada bulan ini maka dia sama dengan orang yang melakukan tujuh puluh kewajiban dibulan yang lain.
Ramadhan adalah bulan kesabaran, sementara pahala kesabaran adalah surga. Ia adalah bulan kedermawanan dan bulan bertambahnya rezeki orang mu’min. barang siapa memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa pada bulan ini, maka itu berarti pengampunan terhadap dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari neraka. Itambah ia memperoleh pahala orang yang berpuasa tanpa berkurang sedikitpun (pahala orang yang berpuasa itu)”

Tidak ada komentar: